insyaallah blog ini akan saya isi dengan beberapa materi yang mungkin bermanfaat buat semuanya... jzk

Jumat, 03 September 2010

Berlomba-Lomba dalam Kebaikan

Berlomba-lomba dalam berbuat baik berarti menaati dan patuh untuk mengerjakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Semangat yang tinggi agar keinginan untuk selalu berbuat baik tetap terbetik di hati kita. Keinginan itu akan menjelma menjadi kenyataan manakala ditopang oleh kemauan yang kuat untuk senantiasa menjadi manusia yang baik di hadapan Allah SWT.
Didalam Al-Qur’an banyak dijelaskan tentang perintah kepada manusia untuk berbuat kebaikan dan
saling menolong dalam takwa serta meninggalkan semua bentuk kemaksiatan. Terhadap semua perbuatan, baik perbuatan baik maupun perbuatan jahat, Allah SWT akan memberikan ganjaran atau balasan yang setimpal. Allah SWT tidak akan membiarkan hamba-Nya yang berbuat baik dan Dia juga tidak lalai terhadap hamba-Nya yang berbuat jahat. Kebaikan dan kejahatan yang kita lakukan akan kembali kepada kita juga.
Berlomba-lomba dalam berbuat baik sangat diperintahkan oleh Allah SWT, karena perlombaan dalam berbuat baik akan menimbulkan ketenangan jiwa. Terlebih jika perlombaan itu tidak diselimuti oleh sifat iri hati dan dengki. Sedangkan perlombaan dalam hal yang tidak baik biasanya akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat yang menyebabkan hati menjadi gelisah. Kalau hati manusia sudah gelisah maka akan sulit untuk menggapai kebahagiaan hidup. Dengan demikian, perintah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan pada hakikatnya agar kita dapat meraih kebahagiaan hidup, seperti doa yang sering kita ucapkan, “Ya Allah, berikanlah kami kebaikan hidup di dunia dan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.”

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini