insyaallah blog ini akan saya isi dengan beberapa materi yang mungkin bermanfaat buat semuanya... jzk

Senin, 01 November 2010

Bahan Renungan 1-10

Bahan Renungan 1
Alam Semesta.
Alam semesta atau Jagat Raya yang di dalamnya terdapat miliyaran galaksi, usianya lebih kurang 25 biliun tahun dan mungkin akan berlangsung beberapa biliun tahun lagi, yaitu :
a.       Galaksi Bima Sakti (Milky Way) termasuk didalamnya Tata Surya kita.
b.      Galaksi Magellan, berjarak  tahun cahaya dari Bima Sakti.
c.       Galaksi Andromeda lebih jauh dari galaksi Magellan, dengan jarak  tahun cahaya.
Tahukah kamu bahwa jarak satu tahun cahaya yaitu kecepatan maksimal yang dapat dilampaui sebuah materi yaitu,  km.

Bahan Renungan 2
Galaksi.
Galaksi Bima Sakti atau Milky Way terdapat  bintang, dan diantaranya adalah Matahari.
Galaksi Bima Sakti ini memiliki bentuk seperti cakram, yaitu menebal pada bagian tengah dan semakin menipis ke arah pinggirnya. Bagian tengah dari cakram Galaksi Bima Sakti ini berisi  bintang, dan sekitar  bintang lainnya berada di bagian tepi, termasuk letak Matahari.
Diameter Galaksi Bima Sakti ini berjarak sekitar  tahun cahaya, sedangkan tebalnya sekitar  tahun cahaya.
Bintang yang paling dekat dengan bumi kita ini adalah bintang Alpha Centauri, yaitu sekitar 4 tahun cahaya. Matahari juga bukanlah merupakan bintang yang paling besar, akan tetapi ada bintang yang besarnya bahkan sampai  besar matahari, subhanallah.
Bahan Renungan 3
“Dan Dialah Allah (Yang Disembah) dilangit dan dibumi, Dia mengetahui yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan dan mengetahui apa yang kamu usahakan.” (QS. Al-An’aam, 6 : 3)

Bahan Renungan 4
Banyak sekali hukum-hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an, diantaranya :
1.       Hukum Perkawinan, dijumpai dalam firman Allah dalam QS. Al-Baqarah, 2 : 22; QS. Al-Maidah, 5 : 5; QS. An-Nisaa’, 4 : 22-24; QS. An-Nur, 24 : 32; QS. Al-Mumtahanah, 60 : 10-11.
2.       Hukum Waris, dijumpai dalam firman Allah dalam QS. An-Nisaa’, 4 : 7-12 dan 176; QS. Al-Baqarah, 2 : 180; QS. Al-Maidah, 5 :106.
3.       Hukum Perjanjian, dijumpai dalam firman Allah pada QS. Al-Baqarah, 2 : 279, 280 dan 282; QS. Al-Anfaal, 8 : 56-58; dan QS. At-Taubah, 9 :4.
4.       Hukum Pidana, dijumpai dalam firman Allah pada QS. Al-Baqarah, 2 : 178; QS. An-Nisaa’, 4 : 92-93; QS. Al-Maidah, 5 : 38; QS. Yunus, 10 : 27; QS. Al-Israa’, 17 : 33; dan QS. Asy-Syuuraa, 42 : 40.
5.       Hukum Perang, dijumpai dalam firman Allah pada QS. Al-Baqarah, 2 : 190-193; QS. Al-Anfaal, 8 dan 41; QS. At-Taubah, 9 : 5, 29, dan 123; QS. Al-Hajj, 22 : 39-40.
6.       Hukum antar bangsa, dijumpai dalam firman Allah pada QS. Al-Hujurat, 49 : 13.
7.       Prinsip Disiplin, dijumpai dalam firman Allah pada QS. An-Nisaa’, 4 : 59.
8.       Prinsip Musyawarah, dijumpai pada firman Allah dalam QS. Ali-Imran, 3 : 159; dan QS. Asy-Syuuraa, 42 : 38.

Bahan Renungan 5
“Katakanlah sekiranya air laut sebagai tinta untuk menulis kalimat-kalimat Tuhanku, niscaya kering sebelum habis ditulis kalimat-kalimat Tuhanku, walaupun kami datangkan tambahan sebanyak itu (lagi).” (QS. Al-Kahfi, 18 :19)

Bahan Renungan 6
10 Wasiat Al-Qur’an
Katakanlah, Marilah kubacakan atas apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu bahwa :
1.       Janganlah mempersekutukan sesuatu dengannya;
2.       Berbuat baiklah terhadap Ibu Bapak;
3.       Janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan. Kami memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka;
4.       Janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak diantaranya maupun yang tersembunyi;
5.       Janganlah membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar. Demikian itu yang diharamkan Tuhanmu kepadamu supaya kamu memahaminya;
6.       Dan janganlah kamu menghampiri anak yatim kecuali dengan cara yang sebaik-baiknya sampai ia dewasa;
7.       Dan sempurnakanlah takaran dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya;
8.       Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah adil, walaupun dia adalah kerabat(mu);
9.       Dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan kepadamu agar kamu mendapat peringatan;
10.   Dan sesungguhnya inilah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah ia. Dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), maka kamu bercerai berai di jalan-Nya.

Demikian yang diperintahkan Allah kepadamu, agar kamu bertakwa. (QS. Al-An’aam, 6 : 151-153)

Bahan Renungan 7

“Sesungguhnya dalam penciptaan ruang angkasa dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran ilahi) bagi orang-orang yang mempunyai fikiran. Yaitu, orang=orang yang selalu ingat kepada Allah di waktu berdiri, ketika duduk dan berbaring dan memikirkan (tafakkur) tentang penciptaan ruang angkasa dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, Tidaklah Engkau ciptakan (semua ini) dengan sia-sia. Maha Suci Engkau. Maka hindarkanlah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imraan. 3 : 190-191)

Bahan Renungan 8

“Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat; orang-orang yang beriman dengan yang beramal saleh (tidak sama) dengan orang-orang yang berbuat kejahatan. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran.” (QS. Al-Mu’minun, 40 : 58)

Bahan Renungan 9

“Dan masing-masing orang memperoleh derajat menurut apa yang mereka kerjakan, dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-An’aam, 6 : 132)

“Katakanlah, ‘Hai kaumku, bekerjalah kamu menurut keadaan kamu (di dalam kekafiran), sesungguhnya akupun bekerja (didalam keimanan). Kelak kamu akan mengetahui siapakah (diantara kita) yang mempunyai akibat yang baik (di akhirat). Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapat keberuntungan.” (QS. Al-An’aam, 6 : 135)

Bahan Renungan 10

“Dan sungguh Kami telah menciptakan manusia dan Kami mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya. Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya. (ingatlah) ketika mencatat dua (malaikat) yang mencatat, duduk di sebelah kanan dan sebelah kiri. Tidaklah diucapkan suatu perkataan melainkan ada disisinya (malaikat) pengawas yang hadir.” (QS. Qaf, 50 : 16-18)

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini